Para Pemenang Lomba Design Batik, LAM Bintan : Semoga Dapat Dikembangkan

Foto bersama para pemenang lomba designer batik dengan Bupati Bintan Roby Kurniawan, Ketua Dekranasda Bintan Hafiza Rahmadani Putri, dan Wakil Ketua DPRD Bintan./F.Dekranasda Bintan

Bintan, suarakepri.com – Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bintan baru-baru ini telah menggelar perlombaan desain batik khas Bintan.

Pemenang perlombaan diumumkan pada tanggal 22 Desember yang disejalankan dengan peringatan Hari Ibu ke-94 dan HUT Dharma Wanita Persatuan ke-23 2022 di Aula Kantor Bupati Bintan.

banner 336x280

Adapun para pemenang tersebut adalah :

Kategori Pelajar

  1. Balqis Alya Azizah dengan judul desain Kehidupan Orang Laut.
  2. Nurafnita Sitompul dengan judul desain Pucuk Rebung, Padi Mas, dan Perahu Jong.
  3. Syalsabila K. Imalko dengan judul desain Bunga Bakau.
  4. Yusuf Hasby Dwirianto dengan judul desain Topeng Mak Yong.
  5. M. Ghozali Rahman dengan judul desain Kue Pulut Bilis Gulung.

Kategori Umum

  1. Ega Puja Bangsa dengan judul desain Mak Yong.
  2. Muhammad Fazrianto dengan judul desain Bintan Bahari.
  3. Tafan Juristian Putra dengan judul desain Tanaman Sorgum.
  4. Jonathan Putra Kana dengan judul desain Topeng Mak Yong.
  5. Deddy Junizar dengan judul desain Tanjak.

Kategori Disabilitas

  1. Rika Nila Sari dengan judul desain Bintang Laung, Cangkang Siput Laut dan Gonggong.
  2. Andi Rinawati dengan judul desain Gonggong.

Pemenang Hiburan

  1. Sonia Wafa Aisilah dengan judul desain Batik Kekayaan Alam.
  2. Kireyna Klanesa dengan judul desain Batik Samudra.

Ketua Dekranasda, Hafiza Rahmadani Putri pada saat memberikan kata sambutan mengucapkan selamat kepada para pemenang desain batik, menurutnya desain yang ditampilkan sangat menarik serta unik.

Senada dengan Hafiza. Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Bintan, Datok Musaffa Abbas yang juga merupakan salah satu juri perlombaan sempat kesulitan menentukan pemenang lomba. Menurutnya, hasil karya yang masuk pada saat penjurian cukup memiliki nilai-nilai stories dan modern.

Ia juga menerangkan, dengan terpilihnya para pemenang desain batik, diharapkan kedepannya mampu menjadi salah satu ciri khas daerah Bintan yang nantinya mampu untuk dipasarkan dan diberikan kepada pihak pemerintah daerah Bintan.

“Harapan kami kedepan, semoga nantinya dapat diproduksi langsung oleh pihak pemerintah daerah melalui dinas terkait, sehingga ini menjadi salah satu ciri khas daerah yang dapat diperjualbelikan kepada turis domestik maupun mancanegara yang datang,” ungkap Musaffa.

Dilain sisi. Datok Muhamad Sabri selaku Dewan Kehormatan Lembaga Adat Melayu Kabupaten Bintan menambahkan, semoga batik yang telah lahir dari tangan dan pemikiran para desainer yang telah di rancang dapat di kembangkan oleh pemerintah daerah, serta dapat lebih mengangkat budaya batik sebagai warisan budaya Indonesia.

“Sekali lagi tahniah buat para pemenang, tetap semangat dan semoga menjadi motivator bagi pengrajin batik yang ada di Bintan dan sekitarnya,” tutup Sabri.

Penulis : Tafan

Comment