banner 728x250

Cuaca Exstrime Masyarakat Lingga Minta Kapal Fery Lebih Besar

  • Share

LINGGA, suarakepri.com – Tingginya gelombang air laut sejak beberapa hari terakhir, membuat Masyarakat Lingga atau pengguna jasa fery (PJF) menjadi khawatir dan takut untuk berangkat, sebab, menurut mereka dengan kondisi cuaca Exstrime, sangat rentan jika berangkat menggunakan Fery dengan kapasitas kecil.

Aris salah seorang mahasiswa Lingga mengaku khawatir dan takut untuk pulang ke kampung halamannya dengan menggunakan kapal Fery yang kapasitasnya kecil, apalagi, kata dia gelombang saat ini sangat tinggi.

banner 336x280

“Kalau gelombang seperti ini tidak berani saya mau pulang, apalagi kapal yang ada kecil, seperti MV Superjet 7 atau Lingga Permai, gelombang dua sampai tiga meter, bisa-bisa sport jantung jadinya,” ujarnya kepada suarakepri.com saat batal pulang ke Lingga, Jum’at (04/01/18).

Selain itu, dia meminta kepada pengusaha kapal dan Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga, untuk mengganti kapal yang lebih besar, supaya nantinya bisa mengantisipasi hal yang tidak diinginkan saat berlayar di musim exstrime seperti sekarang ini.

“Kita maunya Dinas Perhubungan bisa berkoordinasi kepada pengusaha kapal agar mengganti kapal yang lebih besar untuk sementara sampai cuaca membaik, seperti Lintas Kepri atau Superjet 17 karena kapasitas kapal tersebut besar,” pintanya lagi.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, menghimbau untuk mewaspadai gelombang tinggi yang diprediksi mencapai 2 meter diperairan Lingga.

“Badai siklon tropis Pabuk di laut Selatan ikut berpengaruh untuk Kepulauan Riau dan juga perairan Lingga. Itu karena adanya gaya Corioli atau pembelokan di garis khatulistiwa maka angin dari Barat membelok (tersedot) ke Utara dengan kecepatan 5 km/jam hingga 30 km/jam,” kata Kepala BMKG Dabo, Sahat Mauli Pasaribu.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, pengguna jasa Fery berharap agar hal ini bisa menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Lingga dan pengusaha kapal, untuk memikirkan lagi dampak dan akibat jika hal ini tetap dipaksakan, menggunakan kapal dengan kapasitas yang kecil.

PENULIS : RIAN

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *