by

Diduga Aktivitas Illegal Minning di Desa Tinjul, Perlu Tindakan Hukum

Penulis : -Lingga-890 views

Lingga, SuaraKepri.com – Tidak memiliki izin diduga aktivitas pertambangan bauksit di Desa Tinjul, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga perlu sentuhan hukum, Rabu (19/05/21).

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) PERANG Lingga, Hari Kurniawan mengatakan aktivitas tambang diduga ilegal itu harus dihentikan, sebab saat ini menurutnya pertambangan tersebut belum memiliki izin yang sah.

“Melalui Informasi Publik ini saya meminta kepada aparat hukum Lingga untuk melakukan penindakan secara tegas atas adanya indikasi dugaan kegiatan Ilegal yang berkaitan dengan persiapan pertambangan,” tegasnya.

Berdasarkan informasi, Ada pihak-pihak yang diduga mengatasnamakan PT YBP saat ini melakukan kegiatan dilokasi.

“Untuk itu, jika hal ini tidak di tindak lanjuti, maka saya segera akan melayangkan surat secara resmi ke Pemerintah Provinsi serta Institusi Polda Kepri untuk segara menghentikan kegiatan ilegal tersebut,” ucap Arie yang akrab disapa.

Sementara itu Gerakan Mahasiswa Lingkungan Hidup Kepri, Rian mengecam terkait adanya dugaan aktivitas tambang ilegal di Desa Tinjul, Singkep Barat yang saat ini beredar.

“Kami Gerakan Mahasiswa Lingkungan dari hasil investigasi kami bahwasanya kegiatan tersebut ada dugaan melakukan perbuatan yang mengakibatkan pencemaran dan/atau perusakan lingkungan hidup dan ini bertentangan dan tidak sesuai dengan UU 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Lingkungan Hidup,” kata Rian

Untuk itu, ia meminta aktivitas ilegal ini segara ditindak, karna jangan sampai kegiatan tersebut, dapat mengakibatkan dampak lingkungan yang berkepanjangan.

“Kegiatan ini harus segera ditindak baik secara adminstrasi, perdata, maupun pidana. Dan itu kami mendesak pihak penegak hukum untuk segera menindak sebagaimana regulasi yang diperlukan, karena kejahatan lingkungan hidup tidak bisa di toleransi,” pungkasnya.

Penulis : Febrian S.r

Comment

Berita Lainnya