banner 728x250

Wakil Ketua I DPRD Lingga Apresiasi Semangat Petani Panggak Darat

  • Share

Lingga, SuaraKepri.com – Semangat yang ditunjukan oleh Petani Desa Panggak Darat, Kabupaten Lingga, kini sudah membawa hasil dan membuka lapangan pekerja bagi warga setempat.

Keseriusan ini dibuktikan dengan bertambahnya jumlah petani yang ikut menanam padi di lahan sawah desa setempat, salah satunya Zahari petani Desa Panggak Darat dari 1 hektare (ha) lahannya yang ia kelola dan sudah menunjukkan hasil panen dalam bentuk gabah sebanyak 4,32 ton, itu pun menurut dia masih banyak lagi gabah yang belum dipanen.

banner 336x280

“Hasil itu merupakan produktivitas tertinggi saat ini di Lingga. Beliau (Zahari) menanam padi varitas Inpago Unsoed dan Sertani 13.a di lahan seluas 1,2 ha miliknya,” kata Kepala Desa Panggak Darat, Zulmafriza beberapa waktu lalu, Selasa (7/4/2020).

Lanjut ia hasil yang didapat Zahari tersebut bukanlah final dari panen padi di Panggak Darat, masih banyak dari petani yang belum panen, bahkan saat ini baru beberapa petani saja yang sudah panen.

“Masih ada puluhan petani lagi yang belum panen, termasuk di lahan saya dan lahan Pak Wakil Bupati, dan besar kemungkinan hasilnya akan lebih. Saya yakin masih ada petani lainnya juga yang akan segera panen dengan hasil yang cukup baik,” ucap Reja.

Ia menjelaskan, rencananya lahan sawah milik Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, dengan luas lebih kurang 2 ha akan panen pada hari Kamis mendatang, menggunakan combine harvester.

“Pada hari yang sama, juga akan ada petani yang panen seperti lahan milik Pak Tarigan, Pak Zalidar dan Safarin. Itu padinya bagus sekali, hasilnya juga cukup baik,” ujarnya Reja.

Hampir semua petani di lahan sawah Panggak Darat menanam benih yang sama, yakni varitas Inpago Unsoed dan Sertani 13.a. Namun, sebagian juga ada menanam benih lain, seperti Ciberes, Inpago 8 dan IPB3S.

“Panen sudah dilakukan petani sejak beberapa minggu yang lalu. Tapi masih ada juga yang bakal melakukan panen, meskipun tak semua petani panennya maksimal,” imbuhnya.

Melihat peningkatan yang begitu pesat dari semangat kepala Desa Panggak Darat memotivasi warganya, Wakil ketua I DPRD Lingga, Aziz Martindaz mengapresiasi kinerja kades, apalagi menurut dia perkonomian warga Panggak Darat rata-rata kini bersumber dari pertanian.

“Masyarakat terus menggiatkan usahanyanya di pertanian khususnya Persawahan yang rata-rata terus mengalami peningkatan, yang semula perhektarnya menghasilkan gabah 2 ton lebih, sekarang sudah meningkat perhektarnya mencapai 4 ton lebih,” kata Aziz dihalaman sosmednya.

Tidak hanya itu, ia pun mendoakan desa yang subur dan digadang-gadang akan menjadi lumbung padi, agar selalu diberkahi oleh Allah SWT, ia pun berharap agar warga dan kades dapat bersyukur dengan capaian ini.

“Semoga Desa Panggak Darat yang ingin menciptakan desa wisata sawah, terus berkembang dan semakin maju amin,” pungkas dia.

Diketahui, adapun luas lahan sawah Desa Panggak Darat yang berhasil di panen di awal tahun ini sekitar 20-30 hektare (Ha). Tapi tidak semuanya bisa dipanen maksimal akibat keterbatasan air karena belum adanya saluran irigasi yang memadai.

Penulis : Febrian S.r

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *