banner 728x250

COVID – 19 TAK KUNJUNG BERAKHIR, MAHASISWA RESAH AKAN UKT

  • Share

Nama : Helly Yana Harahap
Nim : 190563201073
Prodi : ILMU ADMINISTRASI NEGARA
UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI
Email : 190563201073@student.umrah.ac.id

Kapan pandemi ini berakhir, inilah yang selalu menjadi tanda tanya bagi semua orang di seluruh dunia, melihat semakin banyak nya angka positif covid – 19 bertambah setiap hari. Pandemi ini juga sangat berdampak besar bagi mahasiswa. Kenapa tidak, pasalnya seluruh universitas di indonesia meliburkan mahasiswany dan melakukan proses belajar mengajar dari rumah untuk memutus rantai penyebaran covid – 19.

banner 336x280

Diliburkan bukan berarti mahasiswa tidak belajar, proses belajar mengajar tetap dilakukan dengan cara e – learning dan sebagainya. Tidak mudah banyak keluhan yang berasal dari mahasiswa mengenai belajar dengan cara e – learning ini, pasalnya tidak sedikit dari mahasiswa yang mengalami kendala pada saat melakukan kuliah daring tersebut.

Berbagai keluhan yang timbul dari mahasiswa antara lain yaitu mengenai jaringan pada saat melakukan kuliah daring. Ada beberapa mahasiswa yang sulit untuk mendapatkan sinyal yang bagus pada saat melakukan kuliah daring, akibatnya proses belajar mereka pun terganggu. Selain itu masalah lain yang dihadapi oleh mahasiswa adalah kurangnya waktu dan kesempatan bagi mahasiswa untuk bertanya apabila ada materi yang kurang mereka pahami dan juga banyaknya tugas yang harus dikerjakan.

Ada hal yang lebih meresahkan mahasiswa akibat dari pandemi ini yaitu uang kuliah tunggal ( UKT ). Kuliah memang diliburkan tetapi tidak dengan ukt nya. Uang kuliah tersebut tetap dibayarkan setiap semesternya agar mahasiswa dapat melanjutkan perkuliahan ke semester selanjutnya. Jika mahasiswa tersebut tidak melakukan pembayaran uang kuliah tunggal ( UKT ) maka mahasiswa tersebut tidak bisa mengikuti perkuliahan pada semester berikutnya, karena pembayaran ukt adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi agar mahasiswa dapat mengambil mata kuliah yang akan diambil untuk semester selanjutnya.

Mahasiswa dan para orangtua merasa resah akan pembayaran uang kuliah tunggal ( UKT ), hal ini dikarenakan perekonomian yang menurun drastis akibat pandemi ini. Banyak mahasiswa yang mengeluhkan persoalan ini, banyak orangtua dari mahasiswa yang dirumahkan bahkan mungkin kehilangan pekerjaan nya. Hal ini tentu menjadi kendala besar bagi mereka untuk membayar UKT.

Beberapa aksi unjuk rasa mahasiswa melalui media online telah dilakukan agar mendapat keringanan dalam pembayaran uang kuliah. Mahasiswa dan para orangtua berharap besar aka nada kebijakan dari pihak universitas mengenai hal ini, keadaan ekonomi yang sekarang sangatlah sulit. Mungkin hal ini tidak terlalu meresahkan bagi mahasiswa yang mendapat bantuan tetapi bagi mahasiswa yang tetap membayar uang kuliah tunggal ( UKT ) ini sangat meresahkan. Apalagi jika jumlah ukt yang harus dibayarkan cukup besar nominalnya. Semoga saja pihak universitas mengambil kebijakan untuk meringankan pembayaran UKT bagi mahasiswa yang terdampak pandemic covid – 19 .

  • Share