banner 728x250

Hj Herawati Syahrial Dinobatkan Sebagai Bunda Literasi dan Siap Mengembangkan Program Budaya Membaca

  • Share

BENGKALIS, SuaraKepri.com – Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bengkalis, Hj Herawati Syahrial dinobatkan sebagai Bunda Literasi Kabupaten Bengkalis.

Penobatan Bunda Literasi Kabupaten Bengkalis tersebut ditandai dengan penandatanganan SK Bunda Literasi dan pemasangan selempang bertuliskan Bunda Literasi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Bustami HY disaksikan oleh Perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, Samsul Fahmi, Ketua DPRD Bengkalis, H Khairul Umam dan Kepala Dipersip Bengkalis, H Suwarto, Senin (2/11/2020) di Aula Hotel Surya Bengkalis.

banner 336x280
Berfoto bersama pengurus lainnya.

Menurut Hj Herawati, mendapat kepercayaan sebagai Bunda Literasi membuatnya bersyukur dan semakin termotivasi untuk meningkat minat baca dikalangan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Bengkalis.

“Terima kasih tentunya kami ucapkan kepada Pemerintah, khususnya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, yang telah mengukuhkan kami sebagai bunda literasi Kabupaten Bengkalis. Ini tentu menjadi kehormatan dan tanggungjawab besar bagi kami sebagai Bunda Literasi untuk terus bersinergi meningkat minat baca dikalangan masyarakat serta mendukung program perpustakaan berbasis inklusi sosial di Kabupaten Bengkalis,” ujar Hj Herawati.

Kemudian Hj Herawati mengungkapkan, bahwa dirinya beserta jajaran pengurus TP-PKK Kecamatan akan mengembangkan program pengembangan budaya baca dan membudayakan perpustakaan sebagai salah satu program kerja PKK, yaitu melalui pengembangan perpustakaan sebagai sarana belajar yang memiliki fungsi edukatif, informatif, rekreatif, riset dan penelitian.

“Kami siap menjadi motor pengembang, pembela dan pejuang budaya baca di Kabupaten, Kecamatan bahkan sampai ketingkat desa nantinya. Mudah-mudahan amanah ini bisa kami laksanakan secara ikhlas dan berhasil guna serta memberi banyak manfaat untuk masyarakat Kabupaten Bengkalis Negeri Junjungan yang dicintai,” kata Hj Herawati.

Dukungan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah H Bustami HY mewakili Pj Bupati Bengkalis saat membuka acara Sosialisasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial bersamaan dengan dilaksanakannya pelantikan Bunda Literasi Kabupaten dan Bunda Literasi Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis.

Dikatakan H Bustami, Pemerintah Kabupaten Bengkalis menyambut baik serta memberikan apresiasi yang tinggi dengan dilaksanakannya program trasnformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di Kabupaten Bengkalis, karena ini merupakan salah satu program perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang telah dilaksanakan sejak tahun 2019 sampai dengan saat ini.

“Apalagi pada tahun 2020 ini Kabupaten Bengkalis termasuk salah satu diantara 100 Kabupaten/Kota yang mendapatkan bantuan program perpustakaan berbasis inklusi. Ini tentunya sebuah kebanggaan bagi kita semua dan perlu kita dukung agar program ini dapat berjalan secara maksimal sehingga apa yang menjadi arah dan tujuan program transformasi ini dapat terealisasi secara baik,” sebut H Bustami HY.

Buat Kepala Dipersip Kabupaten Bengkalis, terus jadikan perpustakaan kita sebagai pusat bagi masyarakat untuk berkegiatan dan harus terkoneksi satu dengan yang lainnya sehingga terjadi proses belajar yang mendorong kesempatan untuk menciptakan inovasi dan kreatifitas yang positif dan produktif diantara masyarakat itu sendiri.

Dikesempatan ini juga, mewakili Pj Bupati Bengkalis, Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Bustami HY disaksikan perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipersip) Provinsi Riau Samsul Fahmi, Ketua DPRD Bengkalis Khairul Umam dan Kepala Dipersip Kabupaten Bengkalis, H Suwarto, mengukuhkan Bunda Literasi Kabupaten Bengkalis, Hj Herawati Syahrial.

Pada pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Bengkalis ditandai dengan pemasangan selempang bertuliskan “Bunda Literasi” dan penandatanganan SK Bunda Literasi Kabupaten Bengkalis oleh Hj Herawati Syahrial dan Bunda Literasi Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis oleh Camat se-Kabupaten Bengkalis.

Sedangkan pengukuhan Bunda Literasi Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis dipimpin oleh Bunda Literasi Kabupaten Bengkalis Hj Herawati.

Adapun Bunda Literasi Kecamatan yang dilantik yaitu Bunda Literasi Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil, Bandar Laksmana, Rupat, Rupat Utara, Bathin Solapan, Mandau, Pinggir dan Talang Muandau.

Dalam sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Bustami HY mengucapkan selamat dan tahniah kepada Bunda Literasi Kabupaten dan Kecamatan se-Kabupaten yang baru dikukuhkan.

“Semoga Bunda Literasi nantinya dapat menjalankan amanah dan tanggungjawab dengan ikhlas guna mendorong tumbuh dan bangkitnya minat baca di Kabupaten Bengkalis,” kata H Bustami HY.

Mengingat tujuan pengukuhan Bunda Literasi sebenarnya adalah agar bunda literasi dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis khususnya dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis dalam menerapkan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

“Untuk itu kami yakin bunda-bunda literasi mampu memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Bengkalis nantinya,” pinta H Bustami HY.

Sementara, Kepala Dipersip Kabupaten Bengkalis dalam laporannya mengatakan bahwa dilaksanakan pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten dan Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis sebagai wadah atau motor penggerak untuk mengembangkan minat baca masyarakat sehingga menciptakan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat semakin baik.

“Kami yakin melaksanakan pengukuhan Ketua TP-PKK Kabupaten maupun Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis sebagai Bunda Literasi karena kami tahu bahwa ibu-ibu tentunya dekat dengan masyarakat dan lebih tahu akan kebutuhan masyarakat sehingga sosialisasi peningkatan minat baca masyarakat lebih mudah dilaksanakan,” ucap H Suwarto.

Dan Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H Khairul Umam memberi apresiasi kepada Dipersip Kabupaten Bengkalis yang telah berhasil melakukan inovasi dalam mengembangkan perpustakaan di Kabupaten Bengkalis dalam mendongkrak minat baca masyarakat untuk kesejahteran masyarakat.

“Kami bangga kepada Dipersip Bengkalis, untuk itu, melalui kesempatan ini kami pesankan agar menjadikan membaca sebagai budaya, karena sebuah negeri akan maju karena peradapan masyarakatnya yang berkualitas. Berkualitas tentunya melalui literasi atau peningkatan minat baca itu sendiri,” jelas Khairul Umam.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *