M Nizar Pimpin Rapat Persiapan MTQ Tingkat Provinsi Kepri

  • Share

LINGGA, SuaraKepri – Wakil Bupati Lingga, M Nizar selaku Ketua Umum Lembaga Pengembang Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Lingga, langsung memimpin rapat persiapan pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kepri, Kamis (5/4) di Kantor Desa Sedamai.

Didampingi Kasubbag TU Kemenag Lingga, Zahid dan Kabag Kesra Setda Lingga Jaya Atmajaria, Camat Singkep Pesisir Dadang, Kabag Ops Polres Lingga.

banner 336x280

Rapat diikuti oleh seluruh OPD yang terlibat pada even bergengsi tingkat provinsi ini. Sebagai tuan rumah, tentunya Kabupaten Lingga mempunyai tugas berat agar pelaksanaan MTQ bisa berjalan lancar.

“Kenyamanan kafilah harus menjadi prioritas utama kita,” tegas M Nizar

“Saya meminta kepada semua elemen bisa mendukung. Wilayah kerja harus jelas antara panitia Kabupaten dengan panitia provinsi. Jangan sampai pada saat acara nanti kita saling salah menyalahkan dan jangan sampai muncul suara tak enak dari masyarakat, terkesan panitia tidak siap. Segera buatkan surat hitam di atas putih agar tugas dan kewenangan menjadi jelas,” pesan M Nizar saat memberikan arahan ke seluruh OPD yang terlibat panitia.

Terkait bidang informasi kehumasan, Wabup meminta disegerakan penyampaian himbauan kepada masyarakat dan sekolah.

Menurut Sabirin, Kabag Humas Kominfo Pemkab Lingga, himbauan lewat Radio dan media massa akan segera disiarkan.

“Himbauan melalui spanduk dan baliho saya minta besok sudah terpasang di setiap OPD, tolong koordinasi dengan Dinas Pendidikan terkait himbauan ke sekolah, Biar semua nampak semarak karena sampai saat ini saya belum melihat ada tanda-tanda ada even besar yang akan digelar di tempat kita,” sambung M. Nizar lagi.

Perhelatan MTQ tidak terlepas dari stand bazar, menurut keterangan yang disampaikan Sa’ad, Kadis Perindag Kabupaten Lingga bahwa stand bazar untuk Kabupaten/Kota plus provinsi sudah disediakan lahannya.

Terkait pasokan listrik dilokasi MTQ bahwa PLN menyatakan siap sekaligus disediakan Generator Set (Genset).

Pawai Taaruf direncanakan pada tanggal 02 Mei 2018 dipusatkan di Dabo Singkep, Nanti akan diperlombakan.

“Hanya perlu kita diskusikan lagi bahwa 2 Mei bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, nanti kita koordinasikan lagi terkait pelaksanaan Upacara dan Pawai Taarufnya,” terang Junaidi Kadis Pendidikan Kabupaten Lingga.

” Panjang rute pawai hanya 2 Km memang kita desain tidak terlalu jauh, mengingat ramainya kelompok yang akan ikut pawai sehingga kita perlu melibatkan banyak pihak terutama Satlantas, Sappol PP, DISHUB serta 50 orang panitia khusus,” tambah Junaidi.

Jaya Atmajaria menyampaikan bahwa rapat koordinasi bersama Kabupaten/Kota akan digelar di Dabo diperkirakan tanggal 20 April keatas.

“12 titik lokasi akan menjadi sasaran pasukan kebersihan, 135 orang dikerahkan sebagai tim kebersihan, Pasukan sudah bekerja mulai pra pelaksanaan hingga pasca acara, Mohon agar tenaga kebersihan diperhatikan,” pinta Siswadi, Kepala Dinas lingkungan hidup Kabupaten Lingga.

“Siapkan tong sampah yang banyak agar kebersihan kita benar-benar terjaga,” pesan M Nizar.

Posko kesehatan sedang dalam proses rehabilitasi.

“Dinas Kesehatan siapkan posko beserta kelengkapan dan ambulance,” ujar Nana Maliana Koordinator kesehatan.

Koordinator lomba di bawah teraju Kemenag Lingga.

“Perlu SK khusus untuk penanggung jawab masing-masing lomba, kesuksesan acara bukan hanya bergantung pada kesiapan fasilitas dan pernak-pernik acara,” pesan Zahid kepala kemenag lingga.

“Tolong betul-betul kita perhatikan terkait lomba, Apalagi jarak tiap astaka berjauhan, Perlu juga diingatkan perangkat/peralatan lomba, misalnya Quran, sound system dan bell. Kadang-kadang peserta sudah siap dilokasi lomba tapi peralatan belum siap,” ingat Kasubbag TU Kemenag Lingga.

Diakhir rapat Camat Pesisir Dadang minta adanya tambahan bandwidth signal dilokasi MTQ.

“Kita kesulitan untuk komunikasi, kami juga minta kesiapan tim Damkar karena dilokasi berdebu,” ucap Dadang.

“Saya minta besok sudah ada laporan terkait progres pelaksanaan persiapan, pokoknya Senin, 9 April 2018
spanduk, baliho sudah terpasang dan himbauan sudah disampaikan, 1.500 undangan udah harus disampaikan, Saya tak mau acara ini gagal, Mohon doanya agar semua sukses dan berjalan lancar,” tutup Nizar.

Penulis : Rian

  • Share