Dewi Dukung Pejantan Jadi Kawasan Konservasi

  • Share

BINTAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri, Drs. Hj. Dewi Kumalasari, MPd sangat mendukung Pulau Pejantan menjadi kasawan konservasi.

Belum lama ini Kementerian Lingkungan Hidup melakukan penelitian di Pulau Pejantan, Tambelan, Kabupaten Bintan.

banner 336x280

Dalam penelitian tersebut ditemukan sekitar 40 species baru tanaman dan hewan yang belum teridentifikasi.

Melihat kondisi tersebut, Dewi yang juga Ketua Fraksi Golkar DPRD Provinsi Kepri, meminta pemerintah pusat berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi Kepri untuk menjadikan Pulau Pejantan sebagai kawasan Konservasi.

“Melihat keunikan dan keragaman hayati di Pejantan kita dukung pulau tersebut jadi kawasan suaka marga satwa. Bahkan kalau memungkinkan, Pulau Pejantan bisa dijadikan kawasan ekosistem esensial,” ujar Dewi Komalasari kepada media, Sabtu 25 Maret 2017.

Menurut Anggota DPRD Provinsi Kepri Dapil Bintan – Lingga ini, kalau Pulau Pejantan bisa dijadikan kawasan konservasi maka akan makin meningkatkan daya tarik Tambelan sebagai daerah tujuan wisata dan penelitian dunia.

“Apa yang ada di Pulau Pejantan merupakan potensi yang harus didorong oleh Pemprov Kepri. Kita minta Bappeda bersama Badan Lingkungan Hidup Provinsi Kepri untuk memfollow up hasil kajian Kementrian Lingkungan Hidup tersebut,” jelas Dewi Komalasari yang istri mantan Bupati Bintan Ansar Ahmad ini.

Pada tahun 2005 dan 2009, seorang peneliti dari Institute of Critical Zoologist (ICZ) Jepang, Darrel Covman, juga pernah melakukan penelitian di Pejantan.

Dalam penelitian tersebut ditemukan aneka hayati di Pulau Pejantan yang spesiesnya berbeda dengan tempat lain di dunia.

“Ini berarti Pejantan betul-betul unik. Dan ini harus kita jaga dan Pemprov Kepri juga harus menaruh perhatian besar terhadap Tambelan khusus nya Pulau Pejantan,” tutup Dewi. (***)

[sk]

  • Share