banner 728x250

Antisipasi Covid-19 Varian Baru, Dinas Kesehatan Lakukan Ini

  • Share
Kadis Kesehatan Kepri, M Bisri

Tanjungpinang – Dinas Kesehatan Provinsi Kepri akan melakukan berbagai upaya untuk mencegah masuknya Covid-19 varian Mu atau B.1.621, salah satunya yakni menerapkan 3T.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, M Bisri, mengatakan, pihaknya akan memeriksa setiap Warga Negara Asing (WNA) ataupun Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru datang dari luar negeri.

banner 336x280

“Sebenarnya varian apa saja sama. Untuk mengantisipasinya kita akan menerapkan 3T,” ujarnya, Jumat (10/9/2021).

“Kalau ada masuk (WNA/WNI dari luar negeri,red) akan kita testing. Kalau ketahuan (positif Covid-19,red), akan kita lacak dan semua yang kita lacak tadi kita tes dan sampelnya akan dikirim ke pusat yakni Balitbangkes,” tuturnya.

Balitbangkes lanjutnya akan memberikan laporan terkait hasil sampel yang telahd diberikan.

Selain itu pihaknya juga mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan ketat ketika beraktivitas di luar rumah.

Di antaranya dengan melakukan 3M. Yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun.

Terkait ketersediaan vaksin, Bisri, mengatakan, masih cukup. Bahkan saat ini kata dia, ada 5 ribu vial vaksin moderna yang akan diberikan Pemprov Kepri kepada Pemko Batam.

“Moderna boleh digunakan untuk masyarakat umum yang belum pernah divaksin. Moderna juga digunakan untuk para tenaga medis,” tuturnya.(esa)

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *